Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Karena Akun Mediafire Saya Di Lock Sebagian Software Dan Aplikasi Lainnya Telah Terhapus Jika Ingin Mendownloadnya. Silahkan Masukan komentar Kalian Pada Kolom Komentar Untuk Di Upload Ulang Kembali!
Because Mediafire Account Lock Part I In Software And Other Applications Has Deleted If want to download. Please Put You In Column comments Comments Submitted For Re-Return

Thursday, November 24, 2011

Cara Instal Windows XP di Netbook Asus Eee PC 1215p


Sejak seminggu ini teman kerja saya bertambah dengan hadirnya Asus Eee PC 1215p berwarna silver metalik. Sengaja saya memilih dia karena ramping, mungil tapi tidak menyiksa mata dan jari seperti saudara-saudaranya yang dari kalangan 10 inci.
Saya membelinya di BEC. Sengaja saya pilih yang 1215p karena masih kosong, belum terisi sistem operasi apapun. Di benak saya sudah terpatri bahwa si Asus ini harus terpasangi Windows XP Pro SP3 sebagai sistem operasi yang paling sesuai dengan berbagai aktivitas dan pekerjaan saya. Maka kepada abang teknisi di sana, saya pun memesan supaya Asus 1215p itu dimasuki Windows XP Pro SP3, selain ditambahkan kartu memori 1GB supaya total jadi 2GB. Apalagi dua jam lagi rencananya memang mau langsung digunakan di kampus. Tapi, belum apa-apa sang teknisi sudah beri jawaban standar: “Oh gak bisa, Pak. Driver-nya belum support. Jadi hanya bisa pake Win7.” Karena malas diskusi di TKP, saya biarkan saja dia instal Win7, sambil saya sendiri ingin tahu bagaimana kinerja netbook ini jika bermesin Win7.
Secara operasional, memang tidak ada masalah. Tapi jika melihat kinerja resource dan responsivitas secara keseluruhan, sudah pasti saya langsung memikirkan cara menginstalkan Windows XP Pro SP3. Ketika saya lihat di situs Asus memang netbook 1215p ini tidak atau belum didukung untuk menggunakan WinXP. Tapi dari beberapa penelusuran, saya menemukan sumber-sumber yang layak dijadikan rujukan.
Karena saya menginstal via USB FlashDisk, maka saya mengikuti langkah demi langkah di Cara instal Windows XP Pro SP3 ke Asus Eee PC 1215p dengan instalasi via USB. Kalau Anda mau melakukan hal serupa, jangan lupa membaca bagian komentarnya juga, karena di sana ada tanya-jawab seputar masalah-masalah yang biasanya muncul.
Saya kemudian mengalami masalah dengan munculnya pesan “Windows could not start because the following file is missing or corrupt: <Windows root>\system32\hal.dll. Please re-install a copy of the above file.”
Kendala ini muncul karena ada ketidaksinkronan jumlah partisi yang ada di harddisk netbook dengan yang ada di file boot.ini yang ada pada flashdisk instalasi. Setelah jumlah partisi di boot.ini disesuaikan dengan jumlah partisi di harddisk seperti petunjuk di sini, maka instalasi berjalan lancar.
Awalnya, CD yang saya gunakan adalah CD Instalasi XP yang tidak meminta product key, tapi entah kenapa ketika dimuat ke flashdisk, pada saat instalasi ada permintaan untuk memasukkan product key. Mau beli juga susah karena tengah malam. Untungnya ada cara mencari Windows XP Product Key di sini, sehingga instalasi bisa dilanjut. Saya sendiri menggunakan yang “XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M”.
Selesai instalasi, masalah berikutnya tentang ketersediaan drivers yang mendukung WinXP. Untuk ini, saya mencarinya di devid.info. Sebelumnya ikuti petunjuk praktis di Kaskus ini. Memang sih harus bergerilya coba-coba mana driver yang cocok. Tapi untungnya gak pake lama semua beres dan Asus Eee PC 1215p silver ini kini berkinerja lebih mantap dengan bermesin WinXP.

Artikel lengkap dapat di download di sini :
Download artikel lengkap Di sini

Artikel ini sengaja w ambil dari blog ini
http://mradhi.com/tips/cara-instal-windows-xp-di-netbook-asus-eee-pc-1215p.html

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...